Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar AC (Alternating Current)

Generator AC



  1. Pembangkit arus dan tegangan AC                                                                         Pembangkit arus AC berasal dari generator yang mempunyai beberapa magnet dan kumparan(lilitan kawat tembaga). medan magnet akan menabrak kumparan sehingga menimbulkan pergerakan elektron yang disebut arus listrik.
  2. Beberapa istilah dalam perhitungan arus AC

          a. Time Periode (T)

          Time periode adalah waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu gelombang.

          b. Frekuency (f)
          Frekuensi adalah banyaknya gelombang ditempuh dalam satu second. Satuan dari frekuensi             adalah Hertz(Hz). Rumus dari frekuensi adalah
          a) f= 1/T
          b) f=P N/120 (pada generator)
          N= banyaknya putaran dalam r.p.m.
          P = banyaknya kutub pada generator
          c. Amlitude
          Amlitude adalah hasil tertinggi pada suatu gelimbang AC.
          d. Arus r.m.s. (Root-Mean-Square)
          Arus r.m.s. disebut juga arus efektif atau virtual adalah harga arus yang timbul akibat adanya             panas dalam suatu rangkaian AC. Rumus dari harga arus effektif adalah 0,707 kali harga                   maksimum.
          e. Hubungan Fase

          Mengalirnya arus bolak balik disebabkan oleh tegangan bolak-balik dengan frekuensi yang               sama . jika arus dan tegangan melalui harga nol dan naik ke harga maksimumnya dalam arah             yang sama pada setiap saat , arus dikatakan sefase dengan tegangan. Dan sebaliknya                       apabila arus dan tegangan tidak melalui harga nol atau tidak pd arah yang sama pada satu                 waktu, arus dikatakan tudak se-fase.
          f. Beda Fase

          Beda fase adalah lamanya waktu dimana arus mendahului atau tertinggal dari tegangan ,                     bervariasi dalam rangkaian yang berbeda dari kondisi sefase sampai mendahului atau                         tertinggal ¼ siklus atau 900 dan oleh karena itu waktu dapat diukur dalam derajat listrik.
          g. Sifat rangkaian listrik

          Harga arus searah yang mengalir dalam rangkaian untuk suatu tegangan tertentu yang                         diberikan, seluruhnya ditentukan oleh tahanan rangkaian . harga arus bolak balik yang                       mengalir dalam rangkaian tidak hanya bergantung pada tahanan rangkaian . tetapi juga                       induktansi dan kapasitansi rangkaian.

Posting Komentar untuk "Dasar AC (Alternating Current)"