Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Listrik Bandar Udara di ATKP Surabaya



Sekolah dibawah Kementrian BPSDM dan Kementerian Perhubungan

Salah satu prodi yang ada di ATKP Surabaya salah satunya adalah Diploma III Teknik Listrik Bandara (TLB) jurusan tertua yang ada di ATKP Surabaya. Prodi ini mempelajari bagaimana Listrik yang ada di bandara, cara merawatnya, dan memperbaiki adanya trouble yang ada pada bagian listrik. Dimana ada listrik disanalah teknisi listrik berada. Di landasan, tower, power house, dan dimanapun ada listrik menjadi wilayah teknisi listrik bekerja. Teknisi listrik menjadi sangat berpengaruh dengan menjaga listrik yang mengoprasikan semua peralatan bandara tidak boleh padam hingga batas waktu yang ditentukan tergantung dari kategori bandara tersebut.

Beberapa peralatan yang dipelajari di prodi ini yang paling utama adalah peralatan bantu pendaratan pesawat atau yang biasa disebut Airfield lighting. Kedua adalah Generator set yaitu sumber listrik cadangan apabila terdapat masalah pada jaringan utama PLN. Dalam jeda tersebut terdapat UPS yang berguna menyuplai peralatan yang ada di bandar udara terlebih Airfield lighting disinilah adanya kategori bandara boleh padam 15 detik dan ada juga yang tidak boleh padam sama sekali selain itu terdapat peralatan penting lainnya. Dalam sistem transmisi dan distribusi listrik juga dipelajari dalam jaringan tegangan menengah 6 kv dan 20 kv kemudian transformator yang berguna baik step up dan step down. Transformator step up biasanya digunakan dalam beberapa genset ya g akan di syncron yang output masing-masing di tegangan 6 kv. Setelah di ubah ke 20 kv akan di transmisikan ke Substation lain kemudian menggunakan  transformator step down ke 3 phase 380 v dan 1 phase 220 v guna menyuplai peralatan di gedung-gedung terminal dan peralatan pendukung lainnya. Penjelasan terkait peralatan diatas akan dibahas di artikel selanjutnya. 

Lulusan dari ATKP Surabaya prodi TLB telah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Proses pembelajaran di sekolah dibawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP). Sebuah badan dibawah Kementerian Perhubungan RI yang akan mencetak insan-insan perhubungan. BPSDMP bertugas menyelenggarakan pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia di bidang transportasi. ATKP Surabaya berada dibawah Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara. 

2 komentar untuk "Teknik Listrik Bandar Udara di ATKP Surabaya"